Minggu, 15 Mei 2011

uang kertas sarang bakteri juga lhoo




Dibanding dengan uang logam, orang lebih suka dg uang kertas. Selain ringan, uang kertas mudah dibawa ke mana-mana. Akan tetapi tak kita sangka, uang kertas itu merupakan sarang bakteri.

Seseorang yg menyimpan dompet berisi uang kertas di bawah bantalnya, sesungguhnya mendekatkan kepalanya pada sejumlah kuman-kuman yg tak terkira banyaknya.

Uang kertas adalah tempat berkumpulnya bakteri yg sukar dijumpai tandingannya. Pada satu lembar uang kertas saja dijumpai tidak kurang 75.000 bakteri.

Jasad-jasad renik itu menyelip pada retak-retak kecil dan lipatan yg hampir tak tampak, terutama pada lembaran uang kertas yg kertasnya berkualitas rendah.

Penyelidikan yg diadakan di laboratorium menunjukkan, bahwa uang kertas yg telah lama dipakai, mengandung basil diphteri. Benih-benih penyakit itu tetap hidup di dalam lipatan uang kertas itu lebih lima minggu lamanya.

Yang terbesar bahayanya adalah uang kertas yg ditambal dg potongan kertas lain. Di bawah kertas tambalan itu suka bersarang kuman yg berbahaya sekali.

Bila kita mengeruk sedikit permukaan uang kertas dan memasukkan debunya ke dalam setetes air, dapat kita lihat melalui mikroskop sederhana, alam hidup yg mengejutkan.

Beribu-ribu jasad renik dg bentuk yg berbeda mengeriap di dalam tetesan air itu. Banyak juga yg tidak berbahaya bagi manusia. Akan tetapi dengan mikroskop yg lebih kuat, akan tampak beberapa jenis yg dapat menyebabkan penyakit yg sangat mengancam jiwa manusia.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Free Blog Templates

Powered By Blogger

Blog Tricks

Powered By Blogger

Easy Blog Tricks

Powered By Blogger
Powered By Blogger

Great Morning ©  Copyright by beta thian | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks