Minggu, 22 Mei 2011

unik.. tempe dari biji nangka

Tempe, makanan khas Indonesia, yang selama ini dikenal, dibuat, dan dikonsumsi oleh masyarakat adalah tempe yang terbuat dari kedelai dan mengandung banyak protein. Namun, banyaknya konsumsi dan permintaan tempe dari masyarakat cenderung membuat harga kedelai terus meningkat sehingga harga tempe pun ikut naik. cara alternatif pengganti kedelai yang harganya relatif lebih terjangkau namun memiliki kandungan gizinya cukup lengkap, yakni biji nangka atau lazim disebut beton pada masyarakat Jawa. biji nangka sebagai alternatif pengganti kedelai adalah karena selama ini biji nangka hanya dibuang atau direbus sebagai kudapan saja. Padahal biji nangka juga mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalium , fosfor, besi serta vitamin A, B, dan C, seperti halnya kedelai.
“Bahkan kandungan lemak biji nangka jauh lebih rendah dari kedelai serta dapat digunakan sebagai obat batuk.”

Cara membuatnya sederhana: biji nangka dikupas lalu direndam selama 24 jam baru diiris dan direbus hingga sedikit lunak. Rebusan biji nangka yang telah matang ditiriskan dan didinginkan lalu taburkan ragi tempe dan campurkan hingga rata. Terakhir, tempe biji nangka dibungkus dengan daun pisang, selain untuk mengurangi global warming dan mengurangi limbah plastik yang tak dapat terurai, rasanya pun lebih enak.

Perlu diperhatikan apabila pada proses peragian ini tidak menggunakan takaran yang sesuai dapat menyebabkan biji nangka menjadi busuk dan terlalu lembek sehingga tak layak dikonsumsi. Untuk menghasilkan tempe biji nangka yang baik memerlukan setengah sendok teh untuk seperempat kilogram biji nangka.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Free Blog Templates

Powered By Blogger

Blog Tricks

Powered By Blogger

Easy Blog Tricks

Powered By Blogger
Powered By Blogger

Great Morning ©  Copyright by beta thian | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks